Jumat, 02 Mei 2014

Fakta Fakta Unik tentang Wayang

Fakta Fakta Unik Mengenai Wayang

1. Dalang si Manusia Ajaib
dalang cilik
Seorang dalang cilik tengah melakonkan suatu adegan dalam pertunjukan wayang kulit. 
Pertunjukan wayang tidak bisa berlangsung tanpa dalang. Dalang adalah seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam memainkan wayang. Selain harus mampu membawakan cerita, dalang juga harus bisa membawakan sifat dan karakter semua tokoh wayang.
Misalnya, saat tokoh Lesmana  tampil, suara dalang harus lemah lembut. Saat tokoh Burisrawa  keluar, suara dalang harus berbicara lantang, keras, dan menakutkan. Demikian juga saat tokoh Bimasena  keluar, dalang harus berbicara dengan suara berat, lantang, dan tegas.
Dengan kata lain, seorang dalang harus mampu memainkan seribu tokoh wayang. Keahliannya memainkan tokoh-tokoh wayang dengan memunculkan sifat dan karakter sang tokoh itulah membuat dalang sering dijuluki manusia ajaib .
2. Tokoh-Tokoh Sakti
bagaspati
Bagawan Bagaspati, tidak bisa mati.
Kesaktian merupakan sesuatu yang sangat menarik dalam sebuah cerita. Dalam cerita wayang, cukup banyak tokoh yang memiliki kesaktian.
Misalnya, Bagawan Bagaspati  yang memiliki kesaktian Ajian Chandrabirawa , sehingga ia tidak bisa mati kecuali atas kemauan sendiri.
Tokoh Antasena  memiliki kesaktian bisa terbang, menyelam ke dalam air, dan amblas ke dalam bumi. Selain itu, Antasena juga memiliki pusaka Cupu Madusena . Pusaka ini bisa menghidupkan kembali para Pandawa yang telah mati karena disekap dalam penjara besi di dalam laut.
Tokoh Antareja  memiliki banyak kesaktian.Salah satunya adalahAjian Upas  pada lidahnya. Hanya dengan menjilat bekas telapak kaki,  seseorang bisa mati. Antareja juga memiliki Cincin Mustikabumi . Selama masih menginjak tanah, ia tak akan mati. Cincin ini juga bisa untuk menghidupkan kembali orang mati di luar takdir. Selain itu, Antareja juga bisa berjalan menembus ke dalam bumi.
Selain tokoh-tokoh tersebut, masih banyak lagi tokoh-tokoh wayang yang memiliki kesaktian yang mengagumkan.
3. Pusaka-Pusaka Sakti
Kuku Pancanaka
Kuku Pancanaka di tangan Bimasena.
Beberapa tokoh pewayangan memiliki senjata atau pusaka sakti. Pusaka sakti biasanya digunakan dalam keadaan mendesak atau darurat.
Kuku Pancanaka  merupakan senjata ajaib berupa kuku jempol tangan yang melengkung panjang, kuat, dan sangat tajam.Senjata Kuku Pancanaka dimiliki oleh Bimasena.Bimasena pernah menggunakan Kuku Pancanaka untuk membabat hutan,serta untuk menyerang musuhnya Dursasana.
Tombak Konta  merupakan senjata sakti milik Adipati Karna . Senjata ini sangat ampuh, tetapi hanya dapat digunakan satu kali. Karna ingin menggunakan senjata Konta untuk melawan Arjuna, tetapi karena terdesak, ia menggunakan senjata Konta untuk mengalahkan Gatotkaca.
Panah Nagapasa  merupakan pusaka milik Indrajit . Ketika anak panah Nagapasa ini dilepaskan akan mengeluarkan ribuan ular berbisa. Indrajit pernah menggunakan panah Nagapasa untuk mengalahkan Rama dan Laksmana.
Panah Pasopati  merupakan pusaka milik Arjuna . Panah ini ujungnya berbentuk bulan sabit. Panah Pasopati pernah digunakan oleh Arjuna dalam perang Bharatayudha.
Panah Cakra Baskara  merupakan pusaka milik Batara Wisnu , juga milik Prabu Kresna.  Senjata ini berupa anak panah dengan ujung berbentuk roda dengan tepi bergerigi seperti gir.
4. Makluk Setengah Hewan
lembusura
Lembusura, siluman raksasa berkepala lembu/sapi.
Dunia pewayangan menampilkan kisah manusia, dewa-dewi,  para raksasa, juga makluk-makluk gaib. Munculnya tokoh makluk gaib, sering membuat cerita wayang menjadi lebih seru. Makluk-makluk gaib itu, antara lain Lembusura.  
Lembusura adalah siluman berwujud raksasa berkepala sapi. Lembusura tinggaldi Gowa Kiskenda dan menjadi patih Prabu Maesasura . Mahesasura merupakan raksasa berkepala kerbau. Selain dua tokoh tersebut, masih ada lagi tokoh bernamaDiradasura , yang berwujud raksasa berkepala gajah.
5. Manusia-Manusia Kera
hanoman
Hanoman si kera putih yang berjasa menyelamatkan Dewi Sita.
Dalam kisahRamayana , banyak muncul tokoh manusia kera atauwanara ,sepertiSugriwa, Subali, Anjani,Hanoman, Anggada, Anila,  dan lainnya.
Tokoh wanara yang paling terkenal adalah Hanoman si kera putih. Hanoman adalah putera Batara Bayu dengan Anjani.
Dalam kisah Rama mencari Sita, Hanoman menjadi pahlawan karena berhasil membebaskan istri Rama dari cengkaraman raksasa Rahwana , raja Alengka.
Hanoman memiliki kelebihan bisa terbang, bisa berubah wujud, bisa memotong gunung, dan berumur sangat panjang.    

Antasena
Antasena, memiliki kesaktian bisa terbang, menyelam di laut, dan amblas ke dalam bumi.
Antareja
Antareja, bisa menembus ke dalam bumi.
tombak konta
Tombak Konta milik Adipati Karna
panah nagapasa
Panah Nagapasa milik Indrajit.
panah pasopati
Panah Pasopati milik Arjuna
panah cakra
Panah Cakra milik Prabu Kresna.
Anjani
subali
Subali
sugriwa
Sugriwa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar